Thursday, April 26, 2018

Tugas 3 Pengantar Bisnis


TUGAS III

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan produksi dan jelaskan pula empat kegiatan inti dalam produksi!
Jawaban :
PRODUKSI merupakan penciptaan produk dan jasa. Manajemen operasi merupakan kegiatan menciptakan produk dan jasa melalui proses transformasi input menjadi output.
4 (Empat) Kegiatan inti dalam produksi:
1)      Proses Hubungan dengan Pelanggan atau yang disebut Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan.
Karyawan terlibat dalam proses hubungan dengan pelanggan dengan cara mengidentifikasi, menarik, dan membangun hubungan dengan  pelanggan eksternal, dan membantu pengiriman atau penyampaian kebutuhan dan harapan pelanggan. Fungsi tradisional seperti pemasaran dan penjualan merupakan bagian dari proses tersebut.


2)      Proses Pengembangan Produk atau Jasa Baru.
Karyawan terlibat dalam proses pengembangan produk atau jasa baru dengan mendesain dan mengembangkan produk atau jasa baru tersebut. Produk atau jasa baru tersebut dikembangkan sesuai dengan spesifikasi pelanggan eksternal.

3)      Proses Pemenuhan Pesanan
Proses pemenuhan pesanan meliputi kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan menyampaikan jasa atau pelayanan dan produk kepada pelanggan eksternal.

4)      Proses Hubungan dengan Pemasok
Dalam proses tersebut karyawan memilih pemasok jasa, bahan baku, fasilitas, dan informasi dengan cepat dan efisien.

2.      Dalam hubungan antar manusia di tempat kerja,ada tiga jenis teori motivasi yaitu teori klasik dan manajemen ilmiah,teori keprilakuan awal dan teori motivasi konsumen, jelaskan macam-macam teori tersebut!

a.      Teori Klasik dan Manajemen Ilmiah
Dalam Teori Klasik dinyatakan bahwa karyawan hanya termotivasi oleh uang. Oleh karena itu, menurut Frederick W. Taylor yang merupakan pencetus manajemen ilmiah, perusahaan harus mampu menganalisis pekerjaan untuk menemukan cara terbaik dalam melaksanakan pekerjaan tersebut untuk menghasilkan produk yang murah, menghasilkan laba atau keuntungan yang lebih besar, dan membayar karyawan lebih tinggi. Hal inilah yang dapat memotivasi karyawan untuk lebih giat dalam bekerja. Oleh karena itu, pada masa tersebut pekerjaan dibagi menjadi elemen atau tugas yang lebih kecil dan dilaksanakan secara berulang dengan lebih mudah sehingga pekerjaan dilakukan secara lebih efisien.

b.      Teori Keprilakuan awal
Teori Keprilakuan Awal memulai dengan percobaan yang dikenal dengan Howthorne Studies. Percobaan tersebut bertujuan menguji hubungan antara perubahan lingkungan fisik terhadap output karyawan. Hasil percobaan tersebut menyatakan bahwa produktivitas karyawan bukan hanya disebabkan oleh lingkungan fisik saja, melainkan juga dipengaruhi oleh teori hubungan antar manusia (human relation theory). Oleh karena itu, manajer justru harus membayar dengan memberikan perhatian terhadap karyawannya.

c.       Teori Motivasi Konsumen
Abraham Maslow menyatakan bahwa manusia memiliki beberapa kebutuhan yang berbeda-beda dan mereka mencoba untuk memenuhi kebutuhannya. Maslow menggolongkan kebutuhan tersebut menjadi lima tingkat dengan pemenuhan kebutuhan yang dimulai dari tingkat yang paling rendah sebelum manusia memenuhi kebutuhan pada tingkat berikutnya. Kelima tingkat kebutuhan tersebut adalah kebutuhan fisiologi (makan, pakaian, perumahan); kebutuhan rasa aman (pendidikan, jaminan hari tua); kebutuhan social (dapat berinteraksi denan orang lain); kebutuhan penghargaan diri; dan kebutuhan aktualisasi diri. Apabila kebutuhan yang lebih rendah telah terpenuhi maka kebutuhan yang ada di atasnya akan dicoba memenuhinya.

3.      Jelaskan strategi pemasaran yang digunakan dalam setiap tahap pada siklus hidup produk

Elemen Dalam Bauran Pemasaran
Tahap Dalam Siklus Hidup
Produk
Harga
Distribusi
Promosi
Pengenalan
Penawaran ke Pasar, menguji produkk dalam jumlah terbatas
Harga Perkenalan,  Skimming strategi atau penetration pricing
Menggunakan pedagang besar, memilih saluran distribusi
Promosi, periklanan gencar, agar pelanggan mengenal produk tersebut
Pertumbuhan
Memprbaiki produk, bauran produk terbatas
Menyesuaikan harga dengan pesaing
Meningkatkan distribusi
Periklanan mulai mendapatkan pesaing
Kedewasaan
Diferensiasi produk untuk memuaskan segmen pasar yang berbeda
Terus menurunkan harga
Intensifkan distribusi, mengganti pedagang besar
Menekankan nama merek, dan berbeda dari yang lain
Penurunan
Memotong bauran produk, mengembangkan ide produk baru
Mempertimbangkan kenaikan harga
Menutup beberapa outlet
Mengurangi Periklanan, hanya untuk pelanggan yang setia
Penjelasan :
-          Pada tahap pengenalan, pada umumnya penjualannya rendah, belum banyak pesaing dan keuntungan belum dicapai atau bahkan perusahaan harus merugi.
-          Pada tahap pertumbuhan, penjualan meningkat secara cepat, sehingga keuntungan juga meningkat, namun pesaing mulai bermunculan.
-          Pada tahap kedewasaan, penjualan telah mencapai puncaknya dan sulit ditingkatkan kembali, keuntungan mulai menurun, sedangkan pesaing tidak bertambah lagi atau bahkan mengalami penurunann.
-          Pada tahap penurunan, penjualan semakin jatuh, pesaing juga sudah tidak berminat lagi dalam bisnis tersebut, dan keuntungan pun menurun atau bahkan mengalami kerugian.

4.      Dalam akuntansi dan keuangan perlu dilakukan analisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis rasio, sebutkan macam-macam rasio tersebut beserta penjelasan singkatnya!

-          Rasio Likuiditas
Adalah rasio untuk mengukur kemampuan organisasi / perusahaan dalam memenuhi kewajiban financial jangka pendeknya, yaitu kewajiban yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau kurang.
Rasio inilah yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa llikuidnya suatu perusahaan. Jika perusahaan mampu memenuhi kewajibannya berarti perusahaan tersebut likuid, sedangkan jika perusahaan tidak mampu memenuhi kewajibannya berarti perusahaan tersebut ilikuid.

-          Rasio Utang
Adalah rasio untuk mengukur organisasi / perusahaan dalam meminjam dana untuk kegiatan operasionalnya. Perusahaan yang terlalu banyak memiliki utang ke pihak lain akan menndapatkan permasalahan dalam melakukan pembayaran terkait dengan masalah kepemilikan dana. Rasio utang terhadap modal mengukur seberapa besar peminjaman digunakan untuk mendanai perusahaan dan harus segera dibayarkan

-          Rasio Profitabilitas
Adalah rasio untuk mengukur kemampuan organisasi / perusahaan dalam menghasilkan profit (keuntungan) berdasarkan aset, modal saham, atau faktor lainnya.
Rasio ini digunakanan untuk menilai seberapa efisien pengelolaan perusahaan dapat mencari keuntungan untuk setiap penjualan yang dilakukan.

-          Rasio Aktivitas
Adalah rasio untuk mengukur efektivitas organisasi / perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya. Semakin tinggi rasio ini semakin baik efektivitas suatu organisasi dalam menggunakan asetnya.


5.      Bagaimana pemerintah mengendalikan penawaran uang?
Ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh Pemerintah
1)      Persyaratan penyimpanan atau cadangan (reserve requirement)
2)      Pemerintah mengadakan operasi pasar terbuka, dengan menjual atau membeli obligasi
3)      Dengan mengelola tingkat suku bunga. Bank sentral sering disebut ssebagai banknya sehingga bank-bank komersial dapat meminjam uang dari bank sentral tersebut.

No comments:

Post a Comment