TUGAS
III
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan produksi dan jelaskan pula empat kegiatan inti dalam
produksi!
Jawaban :
PRODUKSI merupakan
penciptaan produk dan jasa. Manajemen operasi merupakan kegiatan menciptakan
produk dan jasa melalui proses transformasi input menjadi output.
4 (Empat) Kegiatan inti dalam produksi:
1) Proses Hubungan dengan
Pelanggan atau yang disebut Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan.
Karyawan
terlibat dalam proses hubungan dengan pelanggan dengan cara mengidentifikasi, menarik,
dan membangun hubungan dengan pelanggan
eksternal, dan membantu pengiriman atau penyampaian kebutuhan dan harapan
pelanggan. Fungsi tradisional seperti pemasaran dan penjualan merupakan bagian
dari proses tersebut.
2)
Proses
Pengembangan Produk atau Jasa Baru.
Karyawan
terlibat dalam proses pengembangan produk atau jasa baru dengan mendesain dan
mengembangkan produk atau jasa baru tersebut. Produk atau jasa baru tersebut
dikembangkan sesuai dengan spesifikasi pelanggan eksternal.
3)
Proses
Pemenuhan Pesanan
Proses pemenuhan
pesanan meliputi kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk
dan menyampaikan jasa atau pelayanan dan produk kepada pelanggan eksternal.
4)
Proses
Hubungan dengan Pemasok
Dalam proses tersebut
karyawan memilih pemasok jasa, bahan baku, fasilitas, dan informasi dengan
cepat dan efisien.
2. Dalam
hubungan antar manusia di tempat kerja,ada tiga jenis teori motivasi yaitu
teori klasik dan manajemen ilmiah,teori keprilakuan awal dan teori motivasi
konsumen, jelaskan macam-macam teori tersebut!
a.
Teori Klasik dan Manajemen Ilmiah
Dalam
Teori Klasik dinyatakan bahwa karyawan hanya termotivasi oleh uang. Oleh karena
itu, menurut Frederick W. Taylor yang merupakan pencetus manajemen ilmiah,
perusahaan harus mampu menganalisis pekerjaan untuk menemukan cara terbaik
dalam melaksanakan pekerjaan tersebut untuk menghasilkan produk yang murah,
menghasilkan laba atau keuntungan yang lebih besar, dan membayar karyawan lebih
tinggi. Hal inilah yang dapat memotivasi karyawan untuk lebih giat dalam
bekerja. Oleh karena itu, pada masa tersebut pekerjaan dibagi menjadi elemen
atau tugas yang lebih kecil dan dilaksanakan secara berulang dengan lebih mudah
sehingga pekerjaan dilakukan secara lebih efisien.
b.
Teori Keprilakuan awal
Teori
Keprilakuan Awal memulai dengan percobaan yang dikenal dengan Howthorne
Studies. Percobaan tersebut bertujuan menguji hubungan antara perubahan
lingkungan fisik terhadap output karyawan. Hasil percobaan tersebut menyatakan
bahwa produktivitas karyawan bukan hanya disebabkan oleh lingkungan fisik saja,
melainkan juga dipengaruhi oleh teori hubungan antar manusia (human relation
theory). Oleh karena itu, manajer justru harus membayar dengan memberikan
perhatian terhadap karyawannya.
c.
Teori Motivasi Konsumen
Abraham Maslow menyatakan
bahwa manusia memiliki beberapa kebutuhan yang berbeda-beda dan mereka mencoba
untuk memenuhi kebutuhannya. Maslow menggolongkan kebutuhan tersebut menjadi
lima tingkat dengan pemenuhan kebutuhan yang dimulai dari tingkat yang paling
rendah sebelum manusia memenuhi kebutuhan pada tingkat berikutnya. Kelima
tingkat kebutuhan tersebut adalah kebutuhan fisiologi (makan, pakaian,
perumahan); kebutuhan rasa aman (pendidikan, jaminan hari tua); kebutuhan
social (dapat berinteraksi denan orang lain); kebutuhan penghargaan diri; dan
kebutuhan aktualisasi diri. Apabila kebutuhan yang lebih rendah telah terpenuhi
maka kebutuhan yang ada di atasnya akan dicoba memenuhinya.
3. Jelaskan
strategi pemasaran yang digunakan dalam setiap tahap pada siklus hidup produk
Elemen
Dalam Bauran Pemasaran
|
||||
Tahap
Dalam Siklus Hidup
|
Produk
|
Harga
|
Distribusi
|
Promosi
|
Pengenalan
|
Penawaran
ke Pasar, menguji produkk dalam jumlah terbatas
|
Harga
Perkenalan, Skimming strategi atau
penetration pricing
|
Menggunakan
pedagang besar, memilih saluran distribusi
|
Promosi,
periklanan gencar, agar pelanggan mengenal produk tersebut
|
Pertumbuhan
|
Memprbaiki
produk, bauran produk terbatas
|
Menyesuaikan
harga dengan pesaing
|
Meningkatkan
distribusi
|
Periklanan
mulai mendapatkan pesaing
|
Kedewasaan
|
Diferensiasi
produk untuk memuaskan segmen pasar yang berbeda
|
Terus
menurunkan harga
|
Intensifkan
distribusi, mengganti pedagang besar
|
Menekankan
nama merek, dan berbeda dari yang lain
|
Penurunan
|
Memotong
bauran produk, mengembangkan ide produk baru
|
Mempertimbangkan
kenaikan harga
|
Menutup
beberapa outlet
|
Mengurangi
Periklanan, hanya untuk pelanggan yang setia
|
Penjelasan
:
-
Pada tahap pengenalan,
pada umumnya penjualannya rendah, belum banyak pesaing dan keuntungan belum
dicapai atau bahkan perusahaan harus merugi.
-
Pada tahap pertumbuhan,
penjualan meningkat secara cepat, sehingga keuntungan juga meningkat, namun
pesaing mulai bermunculan.
-
Pada tahap kedewasaan,
penjualan telah mencapai puncaknya dan sulit ditingkatkan kembali, keuntungan
mulai menurun, sedangkan pesaing tidak bertambah lagi atau bahkan mengalami
penurunann.
-
Pada tahap penurunan,
penjualan semakin jatuh, pesaing juga sudah tidak berminat lagi dalam bisnis
tersebut, dan keuntungan pun menurun atau bahkan mengalami kerugian.
4. Dalam
akuntansi dan keuangan perlu dilakukan analisis laporan keuangan dengan
menggunakan analisis rasio, sebutkan macam-macam rasio tersebut beserta
penjelasan singkatnya!
-
Rasio Likuiditas
Adalah rasio untuk mengukur kemampuan organisasi /
perusahaan dalam memenuhi kewajiban financial jangka pendeknya, yaitu kewajiban
yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau kurang.
Rasio inilah yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa
llikuidnya suatu perusahaan. Jika perusahaan mampu memenuhi kewajibannya
berarti perusahaan tersebut likuid, sedangkan jika perusahaan tidak mampu
memenuhi kewajibannya berarti perusahaan tersebut ilikuid.
-
Rasio Utang
Adalah rasio untuk mengukur organisasi / perusahaan dalam meminjam dana untuk kegiatan operasionalnya.
Perusahaan yang terlalu banyak memiliki utang ke pihak lain akan menndapatkan
permasalahan dalam melakukan pembayaran terkait dengan masalah kepemilikan
dana. Rasio utang terhadap modal mengukur seberapa besar peminjaman digunakan
untuk mendanai perusahaan dan harus segera dibayarkan
-
Rasio Profitabilitas
Adalah rasio untuk mengukur kemampuan organisasi /
perusahaan dalam menghasilkan profit (keuntungan) berdasarkan aset, modal
saham, atau faktor lainnya.
Rasio ini digunakanan untuk menilai seberapa efisien
pengelolaan perusahaan dapat mencari keuntungan untuk setiap penjualan yang
dilakukan.
-
Rasio Aktivitas
Adalah rasio untuk mengukur efektivitas organisasi /
perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya. Semakin tinggi rasio ini
semakin baik efektivitas suatu organisasi dalam menggunakan asetnya.
5. Bagaimana
pemerintah mengendalikan penawaran uang?
Ada
beberapa cara yang dapat ditempuh oleh Pemerintah
1) Persyaratan
penyimpanan atau cadangan (reserve requirement)
2) Pemerintah
mengadakan operasi pasar terbuka, dengan menjual atau membeli obligasi
3) Dengan
mengelola tingkat suku bunga. Bank sentral sering disebut ssebagai banknya
sehingga bank-bank komersial dapat meminjam uang dari bank sentral tersebut.
No comments:
Post a Comment