Tuesday, April 24, 2018

Pengantar Bisnis - Keahlian Manajer


Keahlian Utama yang harus dimiliki oleh Manajer yaitu:

1.    Keahlian Konseptual (Conceptual Skills)
Merupakan keahlian untuk berfikir secara mendalam, melakukan abstraksi, mendiagnosis, dan menganalisis situasi yang berbeda, melihat berbagai bagian dalam organisasi saling menyesuaikan dan membentuk gambaran yang luas, dan melihat dari luar situasi yang ada saat ini.
Keahlian konseptual membantu manajer menganalisis kemungkinan yang akan terjadi setelah diambil suatu keputusan oleh manajar. Keahlian konseptual juga meliputi kemampuan berpikir secara kreatif untuk pengembangan produk dan ide inovatif.

2.    Keahlian Analitis (Analytical Skills)
Merupakan keahlian manajer untuk mengidentifikasikan isu-isu yang terkait dan mengenal pentingnya isu tersebut, memahami hubungan antar isu yang ada, dan mengetahui penyebabnya.
Keahlian analitis ini diperlukan bagi manajer, terutama Top Managers dalam menghadapi situasi yang sulit, kompleks dan tidak jelas.

3.    Keahlian untuk berhubungan dengan orang lain (Human Relations Skills)
Merupakan keahlian untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan merupakan keahlian manajer untuk memahami dan berkomunikai dengan orang lain baik di dalam maupun di luar organisasi atau perusahaan.
Keahlian ini penting terutama dalam menghadapi masalah dengan anak buahnya. Bila keahlian manajer untuk berhubungan dengan orang lain rendah maka permasalahan yang berhubungan dengan rekan kerja dan penikut atau anak buahnya akan sulit diselesaikan. Oleh kareana itu, keahlian berhubungan dengan orang lain ini sangat diperlukan terutama bagi Middle Managers yang harus menjembatani hubungan antara Top Managers, First-line Managers dan para manajer dari berbagai bidang.

4.    Keahlian Teknis (Technical Skills)
Merupakan keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas khusus atau terspesialisasi.
Keahlian teknis ini sangat diperlukan bagi Lower Managers atau First-line Managers untuk membantu karyawannya menyelesaikan permasalahan di perusahaan, mermberikan pelatihan bagi karyawan dengan prosedur yang lebih efisien dan memonitor kinerja karyawan.

5.    Keahlian dalam Pengambilan Keputusan (Decision Making Skills)
Merupakan keahlan yang harus dimiliki untuk mendefinisikan permasalahan yang ada dan mengambil tindakan terbaik.
Keahlian ini meliputi keahlian dalam mengumpulkan informasi, mengidentifikasi alternatif solusi, mengevaluasi berbagai alternatif solusi, dan memilih alternatif solusi yang terbaik. Proses pengambilan keputusan juga perlu ditindaklanjuti dan dievaluasi secara periodik keefektifannya.

6.    Keahlian Pengelolaan Waktu (Time Managemen Skills)
Menurut Ebert dan Griffin (2009), terdapat 4 penyebab pemborosan waktu, yaitu:
1)      Kertas kerja
Manajer pada umumnya terlalu lama berpikir sebelum memutuskan apakah pekerjaannya perlu dokumen dalam bentuk kertas dan laporan. Banyak dokumen rutin yang harus segera ditangani secara cepat namun ternyata manajer masih memerlukan banyak waktu untuk menanganinya.
2)      Panggilan telepon
Beberapa penelitian menyatakan bahwa panggilan melalui telepon menyita perhatian manajer paling tidak selama lima menit. Oleh karena itu, untuk dapat menghemat waktu, manajer memerlukan asisten untuk menerima panggilan telepon tersebut.
3)      Pertemuan-pertemuan
Banyak manajer menggunakan waktunya sekitar empat jam perminggu untuk menghadiri pertemuan. Oleh karena itu, manajer harus mempunyai jadwal acara yang jelas dan orang yang mampu menangani jadwal tersebut.
4)      E-mail
Manajer juga akan kehilangan banyak waktu dalam menangani e-mail yang seringkali terganggu dengan adanya spam

No comments:

Post a Comment