Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan profit. Di mana yang dimaksud dengan profit adalah perbedaan antara pendapatan suatu bisnis dengan biaya-biaya atau beban-bebannya. Bisnis dapat pula diartikan sebagai sebuah kegiatan atau usaha, atau aktivitas terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan maksud memperoleh manfaat atau keuntungan. Dengan demikian bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
Lingkungan bisnis dibedakan atas 2, yakni lingkungan internal dan eksternal.
1. Lingkungan internal terdiri atas karyawan, manajemen, pemegang saham, modal dan peralatan fisik, serta informasi.
2. Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen, yakni lingkungan khusus dan umum.
• Lingkungan khusus, meliputi konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.
• Lingkungan umum, meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, serta teknologi dan kondisi globalisasi.
Sistem Ekonomi
Sistem ekonomi adalah sistem yang digunakan suatu negara untuk mengalokasikan sumber dayanya di antara warga negaranya baik individu maupun organisasi. Perbedaan sistem ekonomi negara satu dengan negara lainnya adalah bagaimana negara tersebut mengelola faktor-faktor produksinya.
Faktor-faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam produksi barang dan jasa, yaitu tenaga kerja (man), modal (money), metode/kewirausahaan (methode), dan bahan baku (material).
Pada prinsipnya ada 3 jenis sistem ekonomi, yakni Kapitalis (sistem ekonomi yang diserahkan pada kekuatan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar), Sosialis (sistem ekonomi yang dikendalikan oleh pimpinan pemerintahan) dan Campuran (campuran dari kedua sistem ekonomi tersebut).
Sistem ekonomi campuran ini yang nantinya akan memunculkan variasi sistem ekonomi yang ada dengan porsi berbeda beda dari kedua sistem ekonomi sebelumnya.
Etika Bisnis
Etika adalah kepercayaan tentang apa yang benar dan salah atau baik dan buruk dalam tindakan yang mempengaruhi yang lain. Sedangkan perilaku etis adalah tingkah laku yang disesuaikan terhadap norma sosial yang diterima secara umum berkenaan dengan tindakan yang berguna dan berbahaya.
Ada model 3 langkah sederhana untuk melakukan penilaian etika untuk situasi yang muncul selama aktivitas bisnis, yakni:
a. mengumpulkan informasi relevan yang sesungguhnya;
b. menganalisis fakta-fakta untuk menetapkan nilai moral yang paling sesuai;
c. membuat keputusan etik berdasarkan pada kebenaran atau kesalahan dari kebijakan atau aktivitas yang dimaksudkan.
Tangung jawab sosial merupakan penerimaan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan sosial sebagai nilai sepadan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan.
Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholder, yakni meliputi tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, investor, pemasok, dan komunitas lokal di mana bisnis berada. Empat area tanggung jawab organisasi terdiri tanggung jawab ke depan terhadap lingkungannya, konsumennya, karyawannya, dan investornya.
No comments:
Post a Comment